pengertian bisnis

Makna Karyawan bagi Perusahaan

MEdiaKALLA.com – Karyawan, mulai dari Si pengambil keputusan dan pelaksana keputusan sangat berperan dalam keberhasilan suatu perusahaan. Baik bagi perusahaan berskala nasional maupun internasional. Berangkat dari permasalahan tersebut, kali ini saya mengangkat sebuah topik/judul tentang ‘Makna Karyawan bagi Perusahaan’, tentang apa arti seorang karyawan dimata perusahaan? Tapi sebelum saya berbicara panjang lebar tentang makna karyawan bagi perusahaan ada baiknya kita memahami defenisi karyawan dan perusahaan.

Karyawan atau tenaga kerja menurut hukum atau Undang-undang disebutkan bahwa setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan baik di dalam maupun di luar hubungan kerja, guna menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun masyarakat. Menurut pendapat Swastha definisi perusahaan adalah adalah suatu organisasi produksi yang menggunakan dan mengkoordinir sumber-sumber ekonomi untuk memuaskan kebutuhan dengan cara yang menguntungkan. Seperti kita ketahui kalau karyawan dan perusahaan itu saling membutuhkan. Perusahaan butuh seorang karyawan, dan begitu pula sebaliknya.

Begitu pentingnya seorang karyawan untuk perusahaan, mulai dari OB , staff, kabag, manager, sampai dengan direktur, mereka semua adalah karyawan yang bekerja sama untuk kemajuan perusahaan. Karena adanya kebutuhan inilah kita sebagai karyawan harus memberikan yang terbaik untuk perusahaan (Kalla Group) tidak lain untuk kepentingan bersama. Alhamdulillah karyawan-karyawan Kalla Group adalah karyawan pilihan dan terbaik yang ada, masing-masing mempunyai keahlian di bidangnya yang membuat Kalla Group semakin berkembang dan maju. Selain itu tingkat solidaritas dan kekeluargaan yang tercipta di lingkungan Kalla Group sangat erat.

Salah satu nilai Kalla adalah Apresiasi Pelanggan, ciri ciri orang yang menjalankan Apresiasi Pelanggan adalah menghargai pendapat orang lain, dan peduli terhadap seama baik itu sesame karyawan ataupun pelanggannya.

PT Bumi Karsa adalah salah satu anak perusahaan dari Kalla Group yang memiliki tingkat solidaritas dan kekeluargaan yang sangat baik di lingkungan kerja. Tidak hanya di dalam kantor di luar kantor pun sama.  Kalau saya bisa katakan hal ini tercipta juga berkat peran Departemen SDM, suasana kerja kekeluargaan yang mungkin jarang didapatkan diperusahaan lain. Tapi peran SDM tidak sampai disini, mengadakan pelatihan untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas kerja karyawan juga dilakukan. Ini semua untuk melakukan perbaikan / inovasi, hal ini cerminan dari Nilai Kalla itu sendiri, selalu memberikan yang terbaik untuk sesama.

La Rochefoucauld mengatakan:

“Orang yang mengira bisa hidup tanpa orang lain berarti dia sudah membohongi dirinya sendiri, tetapi mereka yang mengira orang lain tidak bisa hidup tanpa dia, itu lebih keliru lagi.

About The Author

Ijha | Karyawan PT. Bumi Karsa

About Heriyanto

Komentar Anda

%d bloggers like this: