Sekolah Islam Athirah

Sekolah Islam Athirah Kembangkan Struktur Organisasi

MediaKALLA.Com – Sekolah Islam Athirah yang berdiri sejak 24 April 1984, terus melakukan pembenahan guna mencapai visinya yakni menjadi sekolah unggulan yang berciri Islam, berjiwa nasional serta berwawasan global.

Di Bawah kepemimpinan Drs. Edi Sutarto, M.Pd saat ini, pengembangan Sekolah Islam Athirah dimulai dari perbaikan struktur organisasi. Jika sebelumnya terdapat wakil direktur, kini posisi itu telah dihapus dan digantikan dengan membentuk empat bagian yang mengurusi bidang administrasi, akademik, sumber daya manusia dan hubungan masyarakat.

Di bidang akademik, dibentuk kepala bagian ekstrakulikuler dan intrakulikuler. Hal ini dimaksudkan agar terjadi keseimbangan prestasi antara keduanya. Ada program Parent Teacher Interview. Program ini merupakan komunikasi langsung antara guru dan orang tua siswa yang dilakukan tiap dua bulan sebelum Ujian Tengah Semestar (UTS) dan dua bulan setelah UTS. Ini bertujuan, agar orang tua mengetahui apa yang menjadi kendala anaknya di sekolah, sehingga diharapkan mereka berkontribusi aktif membantu guru dalam usaha peningkatan prestasi anaknya.

Bidang ini juga rutin melakukan pengembangan mutu melalui forum-forum diskusi dan konsulidasi seperti forum guru bidang studi), forum Jumat dengan tema yg disesuaikan dengan kebutuhan dan in house training satu kali tiap semester. Selain itu, juga menerapkan berbagai standar kelayakan sperti, standar kedisiplinan akan waktu kehadiran, penerapan kensep 5 R untuk kebersihan (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin)

Saat ini sudah diterapkan ISIS (Integreted System Information School) yang mampu memberikan laporan kepada orang tua terkait prestasi, kehadiran dan monitoring terhadap anak selama di sekolah.

Untuk bidang sumber daya manusia, fokus kerjanya ditekankan pada pengelolaan data dan hal-hal yang terkait personalia. Bidang ini berperan penting dalam memengembangkan atau mengasah kemamampuan guru hinggan menjadi lebih cerdas, lebih kreatif dan memiliki jiwa kepemimpinan. Bidang ini pula yang mempersiapkan calon-calon kepala sekolah Athirah ke depannya. Yang menarik dalam bidang ini adalah telah diterapkannya pengembangan kerja dengan berbasis kinerja, dimana setiap triwulan dilakukan dilakukan penilaian kinerja guru dan karyawan melalui penilaiana diri sendiri, penilaian dari teman kerja dan penilaian dari pimpinan. Nilai kinierja inilah akan menentukan besaran gaji yang bakal diterima oleh guru maupun karyawan tersebut.

Di bidang Hubungan masyarakat, memiliki tugas dan tanggung jawab utama yakni mempublikasikan setiap kegiatan-kegiatan ataupun informasi penting tentang Aekolah Islam Athirah kepada masyarakat umum baik itu melalui web, media cetak dan elektronik. Bidang ini juga kini telah berperan aktif dalam pengabdian masyarakat. Salah satu bentuk pengabdian yang telah dilakukan yakni pemberdayaan alumni untuk dapat berkontribusi kepada Athirah. Dimana salah satu kegiatannya yakni peran alumni adalah menjadi tentor bimbel u/membimbing para siswa yang akan mengikuti ujian nasional.

Tiap tahunnya, kerja para guru dan karyawan berdasarkan atas tema tertentu yang telah disepakati. Pada tahun ajaran 2011-2012 bertemakan ” Peningkatan kedisiplinan dan karakter berbasis kearifan lokal”, pada tahun ajaran 2012-2013 bertema ” cerdas berkaraker berbasis ICT dan pada tahun ajaran 2013-2014 diambil tema “cerdas berkarakter berbasis pengetahuan bahasa”

Direncanakan pula pada tahun 2014 mendatang proses pembelajaran di Sekolah Islam Athirah sudah menggunakan sistem bilingual atau dua bahasa ( Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris ). Untuk memenuhi rencanan itu, saat ini beberapa guru telah mengikuti kursus Bahasa Inggris. [mk]

About mediakalla

" Keep the spirit for being good and we'll find a better day for tomorrow. "

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>